Prakarya adalah: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat  - MUHAMMAD KENZIE RAMADHAN

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here
SpongeBob SquarePants

YANG BENER AJA? RUGI DONG

Jumat, 02 Februari 2024

Prakarya adalah: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat 

 


Siapa yang mengingat masa-masa sekolah dahulu ketika mendapat tugas membuat kerajinan untuk mata pelajaran prakarya? Pelajaran prakarya memang seru untuk dinikmati karena mengolah kreativitas siswa.Prakarya adalah salah satu istilah yang kerap dikaitkan dengan pelajaran kesenian. Akan tetapi, prakarya tidak hanya terbatas tugas sekolah saja, lho. Agar mengetahui lebih lanjut, simak artikel berikut ini!


1. Pengertian

Melansir Repository Universitas Kristen Satya Wacana, prakarya adalah ilmu terapan dari pengaplikasian berbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan persoalan praktis dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), prakarya adalah pekerjaan tangan (pelatihan di sekolah).Berdasarkan etimologinya, kata prakarya terdiri dari dua suku kata, yaitu pra dan karya. Pra memiliki makna belum dan karya memiliki makna hasil kerja. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa prakarya merupakan sebuah hasil kerja yang belum jadi karena bentuk dari prakarya masih berupa prototype.


2. Tujuan

Setelah mengetahui pengertian prakarya, kamu juga wajib memahami tujuan dibuat prakarya. Tujuan dari prakarya adalah sebagai berikut: Memfasilitasi anak untuk berkreasi Melatih keterampilan anak untuk menciptakan karya yang estetik, ekonomis, dan ramah lingkungan. Meningkatkan insting dalam berwirausaha Melatih daya pikir untuk memanfaatkan media dan bahan menjadi karya seni Menghasilkan karya yang dapat dimanfaatkan


3. Manfaat

Manfaat dari adanya pelajaran prakarya adalah dapat melatih kreativitas siswa dalam mengolah berbagai barang, baik barang bekas dan barang yang awalnya tidak memiliki nilai menjadi barang yang memiliki nilai seni. Apabila ditekuni secara serius, prakarya dapat memiliki nilai jual.

Selain itu, berikut adalah beberapa manfaat dari prakarya:

  • Melatih kreativitas dan mengembangkan sifat inovatif
  • Melatih keterampilan dan kecekatan
  • Meningkatkan kemampuan motorik 
  • Melatih untuk bersabar dan berpikir praktis


sumber : https://www.idntimes.com/life/education/seo-intern/prakarya-adalah-pengertian-tujuan-dan-manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar