Senjata Aliran Partikel dan Aliran Electron Relativistik - MUHAMMAD KENZIE RAMADHAN

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here
SpongeBob SquarePants

YANG BENER AJA? RUGI DONG

Rabu, 03 Januari 2024

Senjata Aliran Partikel dan Aliran Electron Relativistik

Aliran Partikel 

Aliran partikel adalah aliran partikel bermuatan atau netral. Dalam akselerator partikel, partikel-partikel ini dapat bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Terdapat perbedaan antara pembuatan dan pengendalian berkas partikel bermuatan dan berkas partikel netral, karena hanya jenis pertama yang dapat dimanipulasi hingga batas tertentu oleh perangkat berbasis elektromagnetisme. Manipulasi dan diagnostik berkas partikel bermuatan pada energi kinetik tinggi menggunakan akselerator partikel adalah topik utama fisika akselerator.


Aliran Partikel Sebagai Tenaga Pengerak

Sumber:https://tees.tamu.edu/news/2018/05/_news-images/niac2017_image-for-newsletter.jpg

- Akselerasi Partikel
Baru-baru ini, percepatan plasma telah muncul sebagai kemungkinan untuk mempercepat partikel dalam media plasma, menggunakan energi elektromagnetik dari sistem laser berdaya tinggi atau energi kinetik partikel bermuatan lainnya. Teknik ini sedang dalam pengembangan aktif, tetapi saat ini tidak dapat menghasilkan sinar yang dapat diandalkan dengan kualitas yang memadai.

- Panduan
Dalam semua kasus, berkas diarahkan dengan magnet dipol dan difokuskan dengan magnet kuadrupol. Dengan tujuan akhir mencapai posisi dan ukuran titik sinar yang diinginkan dalam percobaan.

Sinar bermuatan dapat dipercepat lebih lanjut dengan menggunakan rongga gelombang mikro yang beresonansi tinggi, terkadang juga superkonduktor. Perangkat ini mempercepat partikel melalui interaksi dengan medan elektromagnetik. Karena panjang gelombang makroskopis berongga, perangkat penghantar berada dalam pita frekuensi radio (RF), desain rongga tersebut dan perangkat RF lainnya juga merupakan bagian dari fisika akselerator.

- Militer
Badan Proyek Penelitian Lanjutan A.S. mulai mengerjakan senjata sinar partikel pada tahun 1958.[5] Ide umum dari persenjataan tersebut adalah untuk mengenai objek target dengan aliran partikel yang dipercepat dengan energi kinetik tinggi, yang kemudian ditransfer ke atom, atau molekul, target. Kekuatan yang dibutuhkan untuk memproyeksikan sinar berkekuatan tinggi semacam ini melampaui kemampuan produksi pembangkit listrik medan perang standar mana pun,[5] sehingga senjata semacam itu diperkirakan tidak akan diproduksi di masa mendatang.

Sumber:Wikipedia


Aliran Electron Relativistik

Berkas elektron relativistik adalah aliran elektron yang bergerak dengan kecepatan relativistik. Mereka adalah media penguat laser elektron bebas yang akan digunakan dalam penelitian atmosfer yang dilakukan di entitas seperti Laboratorium Penelitian Lingkungan dan Atmosfer Pan-samudera (PEARL) di Universitas Hawaii dan NASA. Telah dikemukakan bahwa berkas elektron relativistik dapat digunakan untuk memanaskan dan mempercepat massa reaksi dalam mesin roket listrik yang oleh Dr. Robert W. Bussard disebut sebagai mesin pelepasan listrik senyap (QEDs)
Sumber:Wikipedia




Sumber:https://www.researchgate.net/publication/349268477/figure/fig1/AS:1005862726430728@1616827770183/Schematic-setup-An-ultrarelativistic-electron-beam-sequentially-collides-with-aluminum.jpg

Penulis: Abrar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar